Jumat, 07 Oktober 2011

KIAT BERBISNIS MAKANAN

Pempek Telor


Bermacam-macam peluang bisnis yang ada di lingguuntuk mendapatkan tambahan penghasilan salah satunya dengan berbisnis makanan. Bisnis makanan ini cukup menjanjikan, tinggal bagaimana mengelolanya dengan strategi baik dari segi waktu, lokasi dan  permodalan dan kreatifitas anda dengan tepat.

Niat
Pastikan niat anda berbinis benar-benar serius dan persiapkan mental sebelum memulai berbinis agar anda tidak berhenti di tengah jalan, padahal  modal anda belum kembali.

Persiapan
Buatlah perencanaan dimulai dari jenis makanan yang akan anda jual, proses produksi, cara perindustrian harga jual, hingga keuntungan.Penentuan besar atau kecilnya skala bisnis juga sangat penting, karena akan mempengaruhi strategi bisnis berikutnya. Sebaiknya anda juga melakukan riset dahulu, jenis makanan unik dan lezat apa yang disukai oleh banyak orang agar penjualan maksimal.

Modal dan profit
Modal perlu ditetapkan dan kesediaan sesuai dengan kemampuan dan rencana produksi, dan jangan lupa untuk  melakukan modal dengan penuh perhitungan. Diawal usaha sebaiknya anda tidak dulu berinvestasi pada teknologi produksi yang terlalu mahal.

Kualitas
Harga makanan yang terjangkau lebih disukai oleh konsumen, namun anda juga harus memperhatikan kualitas makanan. Hindari penggunaan bahan baku yang membahayakan konsumen. Lagi pula konsumen lebih percaya pada harga makanan yang sedikit lebih mahal dengan kualitas dan rasa terjamin dari pada makanan murah namun berisiko bagi kesehatan.

Distribusi
Anda bisa memasarkan produk makanan langsung ke konsumen atau menitipkan pada took kue atau kantin sekolah. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Menjual langsung kekonsumen memaksimalkan keuntungan, tapi membutuhkan tenaga dan waktu. Kalo menggunakan system titip anda tak perlu repot karena sudah memiliki pelanggan namun harus berbagi keuntungan.

Pekerja
Kalo anda merasa perlu membuka took, pastikan anda memperkerjakan karyawan yang ramah dan jujur. Dua hal tersebut merupakan pelayanan wajib agar konsumen merasa nyaman berbelanja di toko anda.

Tip-tip berbisnis makanan:
Buat jenis makanan yang anda kuasai dan berkreasilah agar produk menarik dan kreatif
Tentukan harga maksimal saat menitipkan dagangan agar penjual tidak memberi harga terlalu tinggi sehingga perputaran modal lancar.



Info:artikel margarine forvita, majalah kartini edisi 2261

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons