Minggu, 09 Oktober 2011

TIP MENGAMANKAN DATA PONSEL

Ponsel merupakan kebutuhan utama di masa sekarang serta mengusung fitur-fitur canggih dengan  harga yang cukup bervariasi.  Kecanggihan teknologi ponsel tidak bisa menghilangkan kerisauan apakah data di ponsel akan aman dan terjaga. Beberapa kiat-kiat menghindari dan menjaga data-data, photo atau video pribadi dari pencurian agar tetap aman:
1.       Konektivitas
Ponsel saat kini dilengkapi dengan konektivitas seperti blutooth dan infrared. Jangan biarkan dalam kondisi menyala atau aktif. Karena pencurian data pun dapat dilakukan melalui kedua konektiviatas tersebut. Ubah pengaturan blutooth dan infrared agar setiap konektivitas slalu meminta persetujuan anda.
2.       Ponsel biasanya dilengkapi dengan system keamanan yang canggih. Dengan menggunakan PIN (Personal Identification Number). PIN ini berupa angka yang dapat dibuat sendiri.Ada juga PIN2 yang berfungsi sebagai pelindung lapis kedua untuk mengunci beberapa fitur yang ada didalam ponsel. Beberapa kali salah memasukkan PIN maka akan diminta PUK  (Personal Unbloking Number)
3.       Backup semua data yang ada didalam ponsel kedalam computer, menjaga dari kemungkinan data hilang.
4.       Jika Ponsel di Service, usahakan Memori Card di lepaskan dari ponsel untuk menghindari copy paste data didalam ponsel.
5.       Bila anda akan menjual Ponsel usahakan hapus semua data-data yang bersifat pribadi. Periksa data-data folder-folder dari Memori card. Untuk lebih aman anda dapat memformat Memori card nya berulang-ulang yang akan membuat nama dan
6.    Volume dari file tersebut betul-betul hancur. Karena saat ini ada software yang dapat merecovery data yang tersimpan di dalam memori card.
7.   Jangan pergunakan kamera ponsel untukgambar-gambar pribadi. Banyak kemungkinan ada orang yang berkeinginan untuk mengekploitasi isinya.
8.      Jangan meminjamkan ponsel anda kepada orang yang belum begitu dekat anda kenal
9  Usahakan jangan menyimpan nomor-nomor  pin ATM ataupun nomor-nomor penting lainnya atau nama-nama keluarga istri, mama,papa karena kalo tas anda hilang beserta ATM, ponsel, maka si pencuri akan menghubungi nomor dari orang terdekat anda dan mengaku sebagai temannya, dan mulai menjalankan aksinya.Sebagai contoh sipencuri mengaku suami anda sedang dirumah sakit dia meminta ditransferkan sejumlah uang, dengan menyebutkan nama-nama orang terdekat anda untuk membuat anda percaya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons