Sabtu, 05 November 2011

TIPS BEPERGIAN SLAMA KEHAMILAN:PREGNANT

Dimasa kehamilan kondisi badan sangat rentan dan mudah capek, perencanaan yang matang merupakan sangat penting.  Ada beberapa kiat-kiat bagi wanita hamil sebelum melakukan berpergian.
1.       Keamanan
Dimasa usia kehamilan 3-6 bulan biasanya masih aman dan belum terlalu merepotkan bagi wanita hamil untuk berpergian. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum pergi, terutama jika anda mengindap tekanan darah tinggi, kencing manis atau riwayat penyakit lainnya.  Pada kehamilan muda (tiga bulan pertama) badan masih menyesuaikan diri dengan peubahan fisik dan emosi akibat kehamilan sehingga bepergian tidak dianjurkan. Begitu juga saat kehamilan sudah lanjut (6-9) ibu sebaiknya tidak lagi berpergian mengingat bayi dapat lahir sewaktu-waktu.

2.       Tujuan
Seorang ibu yang sedang hamil slalu mengalami peningkatan metabolism tubuh,  sehingga bepergian ke tempat yang panas dan lembab mungkin terasa tidak nyaman. Jika terpaksa, gunakan hotel dan transportasi yang memiliki pending udara. Hindari terkena sinar matahari langsung dalam waktu lama. Perbanyak minum air putih dan lakukan kegiatan yang tidak membuat  badan menjadi lelah.

3.       Perbekalan
Sebelum berpergian sebaiknya bawalah persedian vitamin dan suplemen kehamilan yang biasa anda konsumsi, serta susu untuk ibu hamil atau makan kecil lainnya yang dibutuhkan.Usahakan slalu menyantap makanan bersih dan hindari makanan yang belum matang/mentah seperti buah-buahan yang belum dikupas atau juga sayuran mentah serta susu yang belum di pasteurisasikan (disterilkan) dengan benar. Jangan lupa pakailah sepatu yang nyaman untuk dipakai. Dan perlu juga di bawa buku bacaan, tisu basah dan sebagainya yang bisa membuat anda nyaman.

4.       Perencanaan
1.       Wanita yang sedang hamil kondisi badannya sangat rentan dan mudah capek, karena itu perencanaan yang matang sangat penting.
2.       Jangan terlalu banyak melakukan perjalanan diberbagai tempat, cukup lakukan bepergian dengan tujuan satu tempat tidak dilakukan sekaligus.
3.       Hindari bepergian dengan mengikuti tur karena jadwal tur sangat padat dan terburu-buru seringkali tidak cocok bagi wanita hamil.
4.       Rencana sendiri jadwal berpergian anda dengan membuat daftar tujuan sehingga anda dapat mengatur jumlah istirahat yang diperlukan.
       Selingi kegiatan yang melelahkan dengan bersantai, misalnya membaca, menont on film   atau tidur siang.

5.       Riwayat Medis
Perlu di bawa catatan riwayat kesehatan seperti kartu golongan darah, catatan pengobatan yang sedang di jalani, riwayat alergi obat, obat-obatan yang sedang anda minum serta resep cadangan dan cadangan dokter jika sewaktu-waktu anda perlu membeli obat tambahan saat anda dalam perjalanan. Sebelum bepergian tanyakan dengan dokter anda adakah obat yang perlu dibawa sebagai antisipasi kalau-kalau terjadi sesuatu hal yang darurat. Catat nama dan alamat serta nomor telepon dokter anda agar dapat dihubungi jika perlu.

 6Mengatasi Keluhan yang mungkin timbul
1.       Sulit buang air besar/kecil
                   Perubahan jadwal dan pola makan sela,a perjalanan dapat ,menyebabkan sulit buang air besar.
2.       Varises
 Duduk terlalu lama dapat menghambat sirkulasi darah di kaki dan minimbulkan varises. Beridiri dan berjalan-jalanlah setiap 1-2 jam sekali untuk melemaskan kaki dan memperlancar  peredaran darah. Sering-seringlah merubah posisi saat duduk serta hindari posisi duduk bersilang kaki. Sebaiknya tempatkan posisi kaki yang lebih tinggi atau bila perlu pakailah stocking khusus yang dapat mengurangi varises. 

Jenis Perjalanan
      1.   Perjalanan dengan Mobil
Bawalah bekal makan yang bergizi dan jangan lupa bawa thermos berisi jus buah atau susu mengingat pada kehamilan anda akan sering merasa lapar tiba-tiba dan butuh cemilan dengan segera. Untuk perjalan yang cukup jauh anda bisa membawa bantal untuk menyokong punggung dan leher anda. Jika mungkin bisa dapakai untuk rebahan.
      2. Perjalanan dengan Pesawat
Anda usakan untuk meminta kursi di pinggir gang agar memudahkan anda untuk berjalan-jalan atau pergi ke toilet. Pakailah sabuk pengaman dengan nyaman dibawah perut anda. Jangan lupa minum susu/jus buah atau pun air putih untul menghindarkan kekurangan cairan.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons